Kata-kata Mempromosikan Diri Saat Melamar Kerja dan Freelance

Ketika ingin melamar pekerjaan secara online baik itu melalui email, aplikasi chat seperti whatsapp, messenger dan line, serta plaform pencari pekerja seperti jobstreet diwajibkan untuk menulis tentang diri kita sendiri agar dapat dipertimbangkan dan diterima.

Menulis tentang diri kita sendiri adalah upaya untuk mempromosikan diri. Hal ini berlaku untuk para pencari kerja dan freelancer (kerja remot).

Promosi diri akan menjadi kesan pertama yang akan dipertimbahkan oleh penerima kerja dan client.

Setiap platform memiliki batas maksimal karakter untuk promosi diri. Namun rata-rata 300 karakter.

Oleh karena itu diperlukan rangkaian kata-kata promosi diri yang terbaik dan bagus agar mendapatkan kesan pertama.

Ada beberapa yang harus diperhatikan sebelum menulis kaliimat promosi, beberapa diantaranya:

Gunakan bahasa formal

Hal ini jarang diperhatikan anak-anak muda sekarang bahwa ketika melamar kerja, mempromosikan diri di media sosial serta di platform pencari kerja di jobstreet dan projects.co.id tidak menggunakan bahasa formal.

Bahasa formal diperlukan dalam pekerjaan, hal ini untuk memberikan kesan bahwa kita adalah seorang profesional.

Gunakan Bahasa Indonesia yang baik

Menggunakan bahasa indonesia yang baik diperlukan ketelitian dalam meletakan tanda titik, koma, tanda tanya, huruf miring, huruf tebal, dsb.

Jadi bukan hanya menulis kosakata bahasa indonesia yang formal saja. Kita juga diharuskan untuk menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar.

Langsung ke bagian poin

Berbeda dengan lamaran kerja dan CV yang bisa panjang karena ada perkenalannya. Pada kalimat promosi diri jangan menulis perkenalan, tujuan, dan harapan.

Tulislah langsung ke bagian poin, seperti langsung menulis skill yang dimiliki, sudah berapa tahun mendalami skill tersebut, apakah memiliki pengalaman yang lain, dsb.

Hal ini akan mendapatkan kesan pertama karena client dan penerima kerja tidak membacanya terlalu panjang.

Sisipkan pengalaman kerja/portofolio

Jangan menuliskan seperti “saya telah berpengalaman memimpin di komunitas, dst.” karena penerima kerja/client saat ini jarang melihat hal-hal tersebut.

Lebih baik untuk menulis pengalaman kerja sebagai yang telah disebutkan sebelumnya.

Jika belum bekerja, gunakanlah portofolio seperti dari Universitas mana dan pengalaman menggunakan skill yang berkaitan untuk membantu teman-teman/dosen/keluarga kamu.

Sisipkan link CV

Terakhir, sisipkan Link CV untuk di download yang dimana informasi tentang diri kita lebih lengkap daripada kesan pertama pada kalimat promosi.

Gunakanlah pemendek url

Karena karakter kita terbatas ketika ingin mempromosikan diri, gunakanlah pemendek url ketika ingin mensisipkan link CV.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum merangkai kalimat promosi diri. Jika kebingungan dalam merangkai kata-kata kalimat promosi diri, maka bisa dilihat di artikel ini.

Berikut kalimat promosi diri agar mendapatkan kesan pertama:

Freelancer

Lulusan Mahasiswa S1 Ilmu Komputer (S.Kom) dan S2 Magister Teknologi Informasi (M.Eng) di Yogyakarta. Saat ini menjadi praktisi di bidang Teknologi Informasi.

Untuk portofolio saya bisa dilihat: https://statuskita.com

Saya siap membantu, menangani, memberikan solusi dan menyelesaikan di bidang: PHP Native, Desktop Programming (Delphi), Website Development (Apps & Design), WordPress CMS (Installation, Configuration, Troubleshooting, Performance & Reliability)


Percayakan segala kebutuhan anda pada dunia desain grafis & video editing kepada kami yang sudah berpengalaman lebih dari 4 tahun. Manfaatkan layanan konsultasi gratis dengan kami untuk berdiskusi tentang kebutuhan anda.

Portofolio bisa dilihat di: https://statuskita.com

Saya siap membantu dengan tenaga saya dan siap menjadi yang terbaik sesuai harapan anda.

Harapan saya bisa mencapai kerja sama yang baik dan partner kerja yang saling membutuhkan.


Saya telah mengais rezeki di digital marketing sudah hampir 5 tahun dengan berbagai pengalaman pahit dan manis.

Saya menguasai: Google Ads, Facebook Ads, Youtube Ads, Tiktok ads, dan display ads.

Portofolio saya bisa dilihat: https://statuskita.com

Dengan pengalaman selama 5 tahun sebagai seorang profesional di digital marketing saya siap memberikan jasa yang terbaik di bandingkan freelancer lain.

Saya berharap hasil kerja saya dapat memuaskan dan membawa kesuksesan bagi anda, yang tidak memiliki waktu dalam menyelesaikan project nya, saya siap mengerjakan project yang anda tawarkan 

dengan pengalaman dan keterampilan yang saya miliki, saya yakin dapat menyelesaikan pekerjaan anda sesuai dengan harapan anda.


Terjun di bidang penerjemah semenjak kuliah hingga sekarang kurang lebih sudah 4 tahun, sudah tahu seluk beluk di dunia penerjemah karena telah merasakan asem pahit di dunia ini.

Portofolio bisa dilihat: https://statuskita.com

Sosok yang bertanggung jawab, pekerja keras dan fokus pada tujuan, mampu belajar hal-hal baru dengan cepat dan selalu terbuka pada semua kritik dan saran yang membangun.

Bisa langsung saya kerjakan setelah menerima tawaran.


Seorang Ibu Rumah Tangga Lulusan Sistem Informasi IT Telkom. Saya aktif sebagai pekerja freelance dalam bidang IT seperti perancangan, pengujian hingga pembuatan dokumentasi pengguna sistem baik dalam bentuk teks maupun video.

Adapun Pengalaman Kerja saya :

  • Agustus 2014 – April 2016 sebagai Business Analyst
  • April 2016 – Juli 2019 sebagai Functional Consultant
  • Agustus 2019 – Februari 2020 sebagai Product Management

Lebih lengkap tentang saya bisa dilihat: https://statuskita.com

Lamar kerja

Latar belakang pendidikan saya adalah S1 akuntansi. Saya mempunyai pengalaman sebagai supervisor akuting dan finance maupun auditor. Saya bisa bekerja di bidang keuangan, akuntansi, mapun pajak.

Tentang diri saya bisa diliihat di CV: https://statuskita.com


Lulusan Sarjana Teknik Informatika di salah satu perguruan tinggi di Indonesia. Menguasai bahasa pemrograman PHP, Java, Python. Menguasai rumus excel dan desain grafis menggunakan Adobe Photoshop.

Pengalaman Bekerja:

Magang di Kantor BRI

Magang di Lembaga Penelitian Organisasi Masyarakat

Asisten Laboratorium Komputer


Menguasai program MS Office dan Excel. Memiliki pengalaman bekerja selama 1 tahun lebih yang membuat saya bisa bekerja secara tim maupun individu. Pribadi yang cekatan, fleksibel dan detail terhadap sesuatu.


Saya memiliki pengalaman kerja selama 2 tahun sebagai sales and marketing di perusahaan PT xxx. Memiliki kemampuan public speaking yang bisa mempromosikan barang dan jasa produk dari perusahaan. Mampu bekerja baik secara tim dan individu. Memiliki ide ide yang kreatif dan bisa menuangkannya kedalam bentuk promosi.

Itulah beberapa contoh kalimat promosi diri yang dapat menarik perhatian dan memberikan kesan pertama.

Dengan ditambah surat lamaran kerja dan CV yang sudah disiapkan, persentase diterima akan meningkat daripada sebelumnya.